Manusia dan Isinya

Apa itu Manusia dan 'isinya'?
Ini bukan membicarakan tentang biologi atau isian ilmu tenaga dalam.
Ini tentang manusia yang dipandang berbeda walaupun pada dasarnya sama, sama sama manusia. Sama sama butuh istirahat sama sama butuh makan beraktivitas dan lainnya. Tapi apa yang membedakan mereka?
Mari berpikir kritis
Mungkin kita pernah membaca atau mendengar cerita ini tapi sekarang kita akan kaji ulang maksud cerita ini secara kritis


MANUSIA dan BOTOL
Kalau diisi air mineral, harganya 3ribu…
Kalau diisi jus buah, harganya 10ribu…
Kalau diisi Madu Yaman, harganya Ratusanribu…
Kalau diisi minyak wangi chanel harganya bisa jutaan.
Kalau diisi air got, hanya akan dibuang dalam tong sampah karena langsung tiada harganya dan tidak ada siapa yg suka.
Botol yg sama tetapi harganya berbeda sebab apa yang terisi di dalamnya adalah berbeda…
Begitu juga kita…kita semua sama…kita semua manusia…yang membedakan kita antara satu sama lainnya adalah. TAQWA , IMAN & AMAL yang ada dalam diri kita…yang akan menyebabkan kita berharga di sisi ALLAH atau kita dipandang hina oleh ALLAH lalu dibuang ke dalam neraka…
“……sesungguhnya orang yg paling mulia disisi Allah adalah orang yg paling bertakwa,sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha teliti” Al-Hujurat :13.
Cerita diatas bersangkutan dengan manusia yang memiliki keimanan ketakwaan dan amal yang berbeda beda. Itu yang membedakan setiap manusia dihadapan Allah.
Tapi bagaimana jika membedakan antara satu manusia dengan manusia lainnya dihadapan manusia juga?
Ini sering kita temui dalam kehidupan sehari hari.

Misalnya saja seorang yang berilmu, pintar, cerdas, dan rajin apakah akan dipandang sama dengan seorang yang 'maaf' bodoh dan malas?
Tidak, pasti orang lain akan lebih senang dengan orang yang cerdas, rajin, dan berilmu.
Mengapa begitu? Itu dikarenakan isi yang ada pada mereka. Isi yang baik akan menyebarkan dan menularkan yang baik pula. Sedangkan isi yang buruk menyebarkan yang buruk pula.

Semoga dapat dimengerti dengan baik dan dapat dipetik ilmu darinya jika ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar dan mari diskusikan.

0 Response to "Manusia dan Isinya"

Post a Comment